apresiasi mahasiswa UK Petra

Perpustakaan UK Petra memamerkan biografi singkat dari berbagai tokoh Masyarakat Jawa Timur. Karya yang dipamerkan merupakan karya mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual UK Petra. Pameran digelar mulai tanggal 23 Februari – 13 Maret di Gedung W lt. 6 – Kampus UK Petra.
Aditya Nugraha, Kepala Perpustakaan UK Petra mengatakan sebenarnya seluruh karya ada 250 lebih, tapi setelah di lakukan penilaian maka yang ditampilkan berjumlah 30 karya. Semuanya mengangkat tokoh masyarakat yang konsisten dibidangnya dan telah memberi kontribusi yang signifikan di berbagai bidang kehidupan seperti seni, budaya, sosial, heritage.
Salah satu tokoh yang diangkat dalam karya tersebut adalah Soedarno, seorang tokoh yang berjuang melestarikan seni karawitan.
Sejarah seringkali hanya bercerita tentang tokoh-tokoh nasional dan jarang bercerita tentang tokoh-tokoh masyarakat lokal yang kontribusinya cukup signifikan terhadap masyrakat. Dokumen-dokumen yang terkumpul pada akhirnya akan membentuk sebuah koleksi sejarah lokal yang memberikan suara kepada para ‘pahlawan’ lokal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here