Decking baja telah dikenal secara luas pada industri konstruksi, terutama di negara-negara Eropa. Decking dapat digunakan baik pada konstruksi beton maupun konstruksi baja. Decking baja mempunyai fungsi sebagai lantai kerja sementara, bekisting, dan tulangan positif.a1

Penggunaan decking baja akan memberikan keuntungan bagi struktur secara keseluruhan karena penghematan dalam hal penggunaan formwork dan beton.Penghematan jumlah beton yang akan digunakan akan mengurangi berat struktur yang ada, dan pada akhirnya juga mengurangi dimensi balok, kolom dan pondasi yang digunakan. Keuntungan yang lain yaitu dari segi waktu pelaksanaan konstruksi yang lebih cepat (mencapai 400 m2/hari/kelompok/(3-4 Orang).

Decking baja terbuat dari material pelat baja dengan lapisan zinc Coated (Z275, yaitu berat lapisan galvanized per meter persegi ±275 gr/m2) untuk penggunaan pada kondisi lingkungan normal, sedangkan pada kondisi lingkungan yang korosif perlu diberikan lapisan perlindungan tambahan.

Kekuatan tarik leleh pelat baja yang digunakan minimum 550 MPa. Tebal pelat standar adalah 0.70 mm BMT dengan pilihan tebal pelat yang lain 1.00 dan 1.2 mm BMT. Pada bagian bawah dapat ditambah dengan lapisan pewarna atau cat, jika tidak ditutup dengan plafond.