Pernahkah anda merasa bosan pada sebuah ruang, tidak betah berlama-lama dan ingin berbuat sesuatu namun bingung harus memulai dari mana? Atau merasakan suasana yang terlalu datar pada sebuah sudut ruang di rumah Anda?

Andi Pramono, owner Andira Design memberikan tips agar tidak jenuh dengan ruangan yang sudah anda miliki. Anda dapat memulai dari memilih gaya desain yang diinginkan dahulu. Merubah suasana tidak harus selalu dengan penggantian atau penambahan perabot, namun dapat dilakukan dengan menambahkan pernak-pernik untuk menambah warna baru serta merubah tata letak ruang yang ada. Tentunya dengan mempertimbangkan aspek-aspek lainnya juga seperti luas ruangan, posisi pintu dan jendela sebagai jalur lalu lintas kita serta fungsi dari ruangan tersebut.
Proses mix and match ini tidak dapat langsung terjadi, diperlukan waktu untuk mencari barang apa yang cocok dan benar benar diinginkan. Proses ini dapat diaplikasikan dengan pedoman tips-tips ringan antara lain:

Tentukan “point of interest” Anda.
“Point of Interest” atau “Vocal Point” disini adalah obyek yang akan digunakan sebagai pusat perhatian dari satu ruang. Misalnya untuk ruang tamu, dalam kasus ini bila ruangan tersebut kecil, Anda dapat memilih kabinet/credenza TV sebagai “point of interest”.

Tambahkan elemen pendukung.
Setelah “point of interest” ditentukan, mulailah menambahkan aksesoris lain. Penggunaan wallpaper sebagai latar belakang juga sangat memungkinkan dalam merubah suasana, jangan ragu untuk memilih warna dan corak selama Anda merasa nyaman. Tambahkan pula standing lamp dan pernak-pernik seperti “photo frame”, vas bunga serta runner ataupun aksesoris dekoratif lainnya di sekitar credenza tersebut. Kehadiran pernak-pernik walaupun dalam wujud kecil mampu membuat tampilan ruang lebih hidup, terutama dengan sedikit permainan warna.

Tambahkan pernik di area sekitar.
Setelah menambahkan aksesoris di area “point of interest”, maka kini giliran perabotan lainnya yang sudah ada untuk mendapatkan sentuhan tambahan. Untuk sofa dapat ditambahkan cushions, atau bila sudah ada, Anda dapat mengganti cover dengan warna dan corak baru. Runner dapat pula diaplikasikan untuk single seater sofa atau Anda dapat menggunakan permainan kain dengan corak atau warna kontras untuk menciptakan kesan berbeda. Penambahan lukisan dekoratif di dinding kosong serta pernak-pernik di atas meja tamu juga berperan dalam penciptaan suasana baru.

Perubahan tata letak perabotan.
Jika suasana yang diinginkan masih kurang didapat, maka Anda dapat melakukan hal yang agak ekstrim, misalnya dengan merubah tata letak dari perabotan yang sudah ada. Melakukan tukar menukar posisi dan fungsi dari berbagai perabotan akan menyenangkan.
Semua tips diatas dapat anda coba aplikasikan guna merubah atau menciptakan suasana baru dalam rumah Anda. Jangan ragu dan takut dalam berekspresi karena hal tersebut akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Tidak ada benar ataupun salah dalam seni desain. Namun yang perlu diingat adalah rumah atau ruangan anda bukan galeri seni atau ruang pamer furniture, jadi jangan paksakan semua pernak-pernik serta perabotan memenuhi ruangan. Selain akan mengurangi faktor luas dan kenyamanan bagi seisi rumah, juga akan membahayakan terutama untuk keluarga dengan anak balita.

we

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here