Bengkuang atau nama latinnya Pachyrhizus Erosus adalah buah yang sering kali kita nikmati. Selain memiliki rasa manis dan segar yang biasa dibuat rujak manis, Bengkuang juga berkasiat untuk kesehatan kulit.
Zaman dahulu, buah yang berwarna putih ini sering juga dipakai untuk bahan kecantikan, terutama untuk mandi karena kegunaanya sebagai bahan aktif penghilang noda hitam khususnya di bagian wajah dan mampu menghilangkan noda bekas jerawat, menghaluskan serta mencerahkan kulit secara alami. Bengkuang terbukti menyegarkan, karena akar umbi dari bengkuang memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 persen, sehingga memberi efek melembabkan.
Dalam penelitian berjudul The Exploration of Whitening and Sun Screening Compounds in Bengkoang Roots (Pachyrhizus erosus) oleh Endang Lukitaningsih dari Universitat Wurzburg, Jerman, sebagaimana dilansir kompas.com disebutkan bahwa bengkuang mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Plus, zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.
Produk berbahan bengkuang bisa diaplikasikan ke wajah dan tubuh. Atau bias membuat masker bengkuang
sendiri dengan cara kupas kulit bengkonag dan bersihkan, potong kecil-kecil, terus masukan ke blender dengan sedikit tambahan air, blender sampai halus. Atau bias juga parut bengkuang yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Setelah itu, tempelkan merata pada permukaan wajah atau area kulit yang bernoda. Diamkan sampai mengeringlalu bilas dengan air bersih.20

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here