Anda bingung dalam membuat anggaran dari uang THR? Berikut ini beberapa tips yang diberikan oleh KeluargaCerdas.com dalam mengelola bonus dan THR:
Wujudkanlah rasa syukur Anda dengan membayar zakat.
Cek daftar kewajiban Anda, utang pokok dan bunga yang sifatnya konsumtif (Kartu Kredit/KTA) harus menjadi prioritas pertama untuk dilunasi di atas kebutuhan yang lain.
Tetapkan anggaran yang diperlukan untuk Hari Raya/pengeluaran tahunan, seperti kebutuhan sandang, pangan, biaya transportasi selama perjalanan dan keperluan uang lainnya khusus bagi mereka yang berniat mudik.
Ingatlah selalu untuk mengeluarkan biaya atas apa yang diperlukan (needs) dan bukan yang diinginkan (wants). Khusus anggaran pangan dan papan agar tidak berlebihan, tanamkan kepada setiap anggota keluarga tentang konsep makan dan membeli pakaian secukupnya.
Pengeluaran tahunan lainnya yang perlu dialokasikan dari THR atau bonus ini adalah pajak kendaraan bermotor dan rumah, pemeliharaan rumah dan servis rutin kendaraan, liburan keluarga, dan lainnya.
Jangan lupa untuk mengalokasikan dana untuk tabungan dana darurat dan investasi.
Jika pasangan Anda bekerja, berarti dana THR/bonus yang diperoleh tentulah lebih besar. Rencanakan alokasi untuk berbagai pos yang penting bersama-sama pasangan. Jika Anda freelancer atau tidak mendapat THR/bonus, angsur dari pendapatan yang diterima untuk anggaran pengeluaran tahunan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here