7Peugeot sebuah produsen mobil yang bermarkas di Perancis baru-baru ini meluncurkan mobil varian baru berupa crossover yang diberi nama Peugeot 3008. Peugeot 3008 memadukan kelincahan hatchback, kenyamanan MPV serta nilai kebebasan sebuah SUV.
Mengutip dari otomotifnet.com, Peugeot 3008 dibuat cenderung membulat, terlihat gempal dan kokoh. Beberapa bagian dari desain bodynya dibuat dengan ukuran besar untuk mendukung fungsi, seperti grill lebar yang ternyata menjadi tempat masuknya udara segar ke intercooler. Begitu juga dengan desain bagasinya yang luas dan bisa diperluas lagi dengan melipat jok. Begitu juga dengan pemilihan electronic parking brake yang ternyata bisa memperluas console box di tengah.
Beberapa fitur ditambahkan untuk memudahkan pengendara misalnya electronic parking brake, dan cruise control, tak perlu ngegas untuk membuat mobil tetap melaju. Kecepatannya bisa diatur hanya lewat tombol di tuas kontrol sebelah kiri.
Fitur lainnya yang patut diacungi jempol adalah yang berhubungan dengan safety. Peraih rating 5 bintang dalam pengetesan Euro NCAP (standar tes keamanan mobil baru di Eropa) ini sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, dan EBA, serta ESP menjamin pengendalian yang aman di berbagai kondisi jalan. Jumlah Airbag nya pun ada 6, dua di bangku depan, dua di pilar B dan dua lagi di sekitar doortrim bangku depan.
Uniknya, Peugeot juga menambahkan fitur Automatic Hazard Warning Light. Dengan fitur ini hazard akan otomatis menyala saat dilakukan pengereman mendadak.
Untuk urusan mesin, Peugeot 3008 dibekali mesin 1600cc. Mesin EP6CDT sudah dilengkapi turbo dan intercooler. Dan telah mengaplikasikan force induction dengan mengandalkan Variable Geometry Turbo (VGT) dengan tekanan hingga 3,5 bar. Tenaga maksimum 156 dk diperoleh pada putaran 5.800 rpm dan torsi 240 Nm sejak 1.400 rpm hingga 3.800 rpm.
Transfer tenaga makin disempurnakan dengan transmisi automatic 6 speed. Pilihan mode nya ada normal, sport, manual dan snow atau salju. Yang pasti snow mode tak akan pernah di pakai di Indonesia. Bedanya ada di waktu perpndahan gigi. Di mode manual perpndahan gigi dilakukan pada 5000 rpm, pada mode sport di 5500 rpm.
Dan bila mode manual diaktifkan, kita bebas kapan saja pindah gigi. Tapi bila tetap tidak dipindahkan, gigi akan berpindah sendiri di 5800 sampai 6000 rpm. Tentunya akan semakin responsif, karena dipindahkan tepat di kondisi max power. Enaknya lagi, di posisi mode manual, engine brake tetap bisa dirasakan saat menurunkan gigi.
Peugeot 3008 dijual dengan harga Rp 429,9 juta

Mesin :
EP6CDT Turbo, 1.598 cc
Max Power :
156 hp / 5.800 rpm
Max Torque :
240 Nm / 1.400 rpm
Standar emisi :
Euro 5
Dimensi :
4,365 x 1,836 x 1,639 mm
Wheelbase :
2,613 mm
Radius putar :
5,5 m
Gearbox :
Automatic Gearbox 6 Speed

Suspensi depan :
Independent Mac Pherson,
built-in coil spring and integrated hydraulic shock absorbers
Suspensi belakang :
Independent trailed arm, transverse torsion bar, active roll control hydraulic shock absorbers
Rem depan :
Ventilated Disc with Diagonal Circuit System ESP, ABS, EBD, & EBA
Rem belakang :
Disc with Diagonal Circuit System ESP, ABS, EBD, & EBA
Ban dan Pelek : 225 / 50 R17 V, Alloy
Kapasitas tanki : 60 ltr
Bahan bakar yang direkomendasikan :
RON 95

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here