Eksotika Kesejukan Air Terjun Sedudo

Sedudo

Jawa Timur merupakan propinsi yang kaya akan obyek wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah obyek wisata air terjun.
Di antara beberapa air terjun yang ada, pada kesempatan ini tim Iklan Pos mengunjungi air terjun yang berada di kabupaten Nganjuk tepatnya di desa Ngliman kecamatan Sawahan, kurang lebih 32 km dari kota Nganjuk. Air terjun tersebut bernama air terjun Sedudo.
Air terjun ini lokasinya terletak di gunung Wilis pada ketinggian sekitar 1.438m dpl (diatas permukaan laut). Ketinggian dinding air terjun ini mencapai kurang lebih 105 m, sehingga pemandangan guyuran air yang meluncur ke bawah terlihat begitu indah dan memikat hati. Di tambah lagi dengan keindahan panorama selama perjalanan dan kesejukan lingkungan alam sekitarnya. Jalur transportasinya pun cukup mudah di akses serta memiliki beberapa fasilitas seperti mushola, kamar mandi, kamar ganti pakaian, tempat istirahat, tempat makan, toko souvernir dan lain-lain.
Wisatawan dapat mandi dan berendam di bawah guyuran air terjun. Namun begitu, untuk mereka yang tidak tahan dengan dinginnya air tapi ingin berendam, lebih baik mereka berendam ketika terik matahari. Meskipun air masih terasa dingin, namun dinginnya tidak terlalu menggigit tulang sebagaimana ketika pagi atau sore hari.
Selain itu, bunyi serangga dan hewan lain bercampur dengan gemuruh guyuran air terjun di bebatuan terdengar seperti alunan musik alam yang pastinya akan membuat kita merasa tenang, nyaman dan lepas dari beban kehidupan sehari-hari sambil menikmati makanan khas daerah sana seperti nasi pecel dan aneka jajanan lainnya.
Airnya Dipercaya Dapat Membuat Orang Awet Muda.
Air terjun Sedudo tidak seperti air pada umumnya, masyarakat setempat meyakini bahwa air Sedudo memiliki kekuatan supranatural dimana jika mandi di sana terutama pada bulan Sura, maka ia akan memperoleh berkah awet muda. Mitos ini sudah berkembang sejak zaman kejayaan Majapahit. Menurut Slamet, seorang petugas Air Terjun yang sudah bekerja puluhan tahun di sana mengatakan bahwa konon air terjun Sedudo ini dipercaya membawa berkah bagi yang mandi di sana berupa berkah awet muda, berwibawa, pangkat dan keselamatan. Tak heran jika wisatawan yang berkunjung kesana cukup banyak, terutama pada saat dilangsungkannya siraman air terjun Sedudo yang digunakan untuk upacara Prana Prathista (memandikan arca pusaka) setiap bulan Sura. Sisa percikan airnya ditunggu-tunggu oleh masyarakat agar mendapatkan berkah, keselamatan, pangkat dan awet muda.
Di samping pada bulan Sura, Sedudo juga ramai pengunjung pada saat Lebaran dan musim libur sekolah. Bahkan pada Lebaran kali ini, wisatawan yang berkunjung di atas seribu orang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top