Inilah 5 Penyebab Bau Badan

bau-badanBanyak orang menyangka bahwa keringat berlebihan menyebabkan bau badan. Padahal sekitar 99% kandungan keringat adalah air murni yang tidak menimbulkan bau. Bakteri dan jamur tertentulah yang mengurai keringat melepaskan bau yang tidak sedap. Berikut ini 5 penyebab bau badan yaitu:

  • Ketidakseimbangan diet. Kekurangan magnesium atau zinc dan terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan yang mengandung kolin, bawang merah & putih, jengkol, makanan pedas tertentu, kopi dan alkohol, gorengan dan makanan berlemak dapat menyebabkan bau badan.
  • Stres emosional. Kelenjar keringat di ketiak dan selangkangan mengeluarkan Zat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lipid menjadi penyebab bau badan dan biasanya keluar lebih banyak saat sedang mengalami stres emosional.
  • Gejolak hormon. Bau badan juga bisa dipicu oleh fluktuasi hormon seperti pada anak-anak yang sedang menjalani masa puber dan perempuan yang mengalami menopause.
  • Kelainan genetik. Sebuah kelainan genetik langka yang disebut trimetilaminuria (sindrom bau amis), menyebabkan seseorang memiliki bau amis di napas, keringat dan urinnya.
  • Penyakit. Beberapa penyakit dapat menyebabkan bau badan. Salah satunya adalah diabetes dan penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top