Tak ada habisnya, kalimat tersebut sangat tepat untuk menggambarkan negara kita Indonesia. Negara yang dikenal dengan Zamrud Khatulistiwa memiliki berjuta macam keajaiban alam yang sungguh mengagumkan. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang datang demi menikmati keindahan alam Indonesia.
Merebaknya isu teroris yang melanda Indonesia akhir-akhir ini, tak bisa menyurutkan nyali para wisatawan asing untuk menikmati panorama alam Indonesia. Seakan isu tersebut merupakan isu yang biasa dan tak perlu ditakutkan, ”Kami tidak takut dengan isu teroris yang ada di Indonesia”, ucap Peter, turis asing asal Hungaria ketika ditemui bersama dua rekannya Janoz Benjamin Vertes dan Luca Krasznai di Pantai Klayar, Pacitan Jawa Timur.
Wisata kali ini team Iklan Pos menjelajah kota Pacitan. Sebuah kota yang berada di ujung Barat paling Selatan provinsi Jawa Timur ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selama dalam perjalanan dari arah Ponorogo-Pacitan, mata kami dimanjakan dengan panorama khas pegunungan. Jalanan yang berbelok-belok, rindang serta hijaunya pepohonan membuat perjalanan tidak membosankan.
Di bagian pertama ini kita akan melihat eksotika wisata pantai yang ada di Pacitan, antara lain Pantai Klayar, Pantai Srau dan Pantai Teleng Ria.

Pantai_Klayar

Pantai Klayar
Pantai berpasir putih ini terletak di desa Sendang kecamatan Donorojo. Sekitar 35 km arah Barat kota Pacitan. Tidak ada alat transportasi umum ke tempat ini. Selama dalam perjalanan, mata akan dimanjakan oleh pemandangan khas pedesaan dan pegunungan. Jalanan berkelok-kelok, naik turun dan kondisi jalan yang sedikit hancur menjadi tantangan tersendiri.
Meski akses menuju wisata ini minim, tetapi begitu sampai rasa lelah akan terobati dengan keindahan pantai yang benar-benar masih alami. Hamparan pasir putih nan lembut yang luas, batu karang besar, desiran ombak dan gagahnya tebing di kanan kiri pantai pastinya membuat kita betah untuk berlama-lama di pantai ini. Di bawah air laut yang jernih di tepi pantai banyak kita jumpai babi laut, bintang laut, kerang, anemon laut dll.
Satu keunikan pantai Klayar yang tidak dimiliki pantai-pantai lain adalah adanya seruling laut yang sesekali bersiul diantara celah batu karang. Hempasan ombak khas pantai Selatan yang mengenai karang besar ditengah pantai menambah kecantikan pantai ini.
Selain itu, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan menaiki tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda lah dengan Uluwatu yang ada di Bali. Disini juga terdapat tempat yang dinamakan dengan Karang Bolong, sebuah tebing yang tengahnya berlubang.
Meski masih alami, tapi di sini sudah ada beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Yang pasti tidak akan menyesal untuk datang ke sini. Kami sarankan agar pengunjung tidak berenang di pantai ini.

Pantai_Srau

Pantai Srau
Pantai ini berada di Desa Candi Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. 25 km arah Barat kota Pacitan. Perjalanan ke pantai ini ditempuh sekitar satu jam. Sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh bukit karang yang hijau.
Bagi anda yang gemar memancing, pantai Srau merupakan tempatnya. Anda bisa memancing di antara celah batu karang sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai_Teleng_Ria

Pantai Teleng Ria
Teleng Ria merupakan pantai yang paling dekat dengan ibukota Pacitan, hanya 3 km dari pusat kota dan merupakan tempat wisata andalan kota Pacitan.
Karena merupakan teluk, sehingga ombaknya tidak terlalu besar dibandingkan dengan pantai Selatan lainnya. Tetapi ada pula zona larangan berenang karena ombaknya besar. Namun begitu, pantai ini merupakan tempat yang menarik bagi pecinta surfing. Tak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang mengunjungi tempat wisata yang satu ini.
Berbeda dengan dua pantai sebelumnya yang masih alami, pantai yang satu ini memiliki fasilitas umum seperti infrastruktur jalan yang mudah diakses, hotel, kolam renang, tempat perkemahan, rumah makan serta souvenir. Nah bagi anda yang ingin menikmati makanan khas Pacitan berupa nasi tiwul, anda bisa menikmatinya di rumah makan yang ada di Teleng Ria ini. Nasi tiwul, adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari singkong. Biasanya nasi tiwul dinikmati dengan ikan laut. Sebab pantai teleng ria berhimpitan dengan pelabuhan tempat nelayan membawa hasil tangkapan mereka.
Nantikan ulasan wisata berikutnya tentang pesona gua Gong, Klueng Jaran, dan gua Tabuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here