dokter1Menjamurnya salon-salon kecantikan dan perawatan kesehatan di tanah air menguatkan era industri gaya hidup. Pada era ini bukan hal aneh bahwa cantik dan sehat menjadi kebutuhan primer.

Kebutuhan ini menjadi gaya hidup tersendiri bagi kaum wanita terutama bagi mereka yang hidup di kota metropolitan. Bagi sebagian masyarakat metropolis tampil cantik dengan gaya ngetrend tentunya sudah menjadi suatu kebutuhan, bahkan jika tidak mengikutinya dianggap ketingalan jaman.
Menurut dr Deddy Hartanto, M.S, dpl. Ciptac, Konsultan Esthetic dari klinik H2LC Surabaya, bahwa perawatan yang dilakukan oleh masyarakat saat ini sudah menjadi lifestyle tersendiri apalagi di kota besar, sehingga seseorang perlu mencitrakan dirinya untuk tampil menjadi orang yang cantik dan sehat. Namun demikian, yang paling penting diketahui bahwa untuk menjadi cantik syaratnya adalah harus sehat. Jangan sampai kita hanya memikirkan bagaimana bisa tampil cantik, tetapi tidak memperhatikan unsur kesehatan. Karena sehat merupakan investasi kecantikan jangka panjang.
Pilihan untuk tampil cantik nan trendy dapat ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mendatangi klinik/salon perawatan wajah (Facial), kulit (skin care), rambut (Hairstylish) ataupun lainnya. Di Surabaya ataupun dikota-kota lain, salon dan klinik kecantikan dengan mudah dijumpai.
Makin menjamurnya tempat perawatan kecantikan menuntut masyarakat untuk jeli memilih tempat perawatan yang tepat. Semakin banyaknya salon kecantikan kita harus teliti dengan meneliti kompetensi ahli kecantikannya. ”Tidak sedikit salon yang berkedok klinik kecantikan padahal dia tidak memiliki keahlian dalam kecantikan”, Imbuh Deddy.
dokter2Untuk perawatan kulit khususnya kulit wajah, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan perawatan wajah yang lebih khusus sesuai dengan jenis kulitnya. Dari sinilah perntingnya konsultasi atau komunikasi antara dokter ahli kecantikan dengan pasien untuk menentukan perawatan apa yang terbaik untuk kulitnya.
Dedy menambahkan, secara umum, untuk membersihkan kulit wajah sehari-hari di rumah minimal dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu ketika sebelum melakukan aktivitas dan setelah melakukan aktivitas. Biasanya sebelum berangkat kerja dan setelah pulang kerja. Sedangkan perawatan ke klinik kecantikan seperti facial minimal satu bulan sekali bagi kulit wajah yang tidak memiliki masalah, tapi jika terdapat masalah seperti komedo, dan jerawat dilakukan dua minggu sekali.
Biaya yang harus dikeluarkan untuk facial masih terjangkau untuk semua kalangan, yaitu kisaran Rp 75 000 – 200 000 sekali perawatan. Itu pun tergantung dari jenis kulitnya apakah memerlukan tambahan treathment atau tidak.
Agar kesehatan kulit terjaga, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah banyak minum air putih (sehari 1,5-2 liter/hari), mengkonsumsi makanan sehat, hindari makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh seperti jeroan. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Pola hidup sehat dengan tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Selain itu, gunakan tabir surya karena meskipun tidak terkena sinar matahari secara langsung, pantulan sinar matahari mampu merusak kulit.
Selain kulit, rambut juga perlu diperhatikan kesehatannya karena rambut adalah mahkota bagi seorang wanita. ”Rambut adalah mahkota seorang wanita, wanita akan tampil cantik dengan tampilan rambut yang baik”, ucap MS. Mona, Owner Mona Natura’l, Hair Dressing & Beauty Salon.
Mona menambahkan bahwa, beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang tampilan rambut yang baik adalah tampilannya disesuaikan dengan tekstur rambut aslinya, bentuk kepala, warna kulit dan aktivitas yang dijalani serta disesuaikan dengan make up yang dipakai. Di samping itu, yang paling penting adalah harus ada kepercayaan diri ketika mengikuti trend rambut. Biaya yang dikeluarkan untuk hairstyles rata-rata antara Rp 400 000 – 1 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here