Otak2BandengOtak-otak bandeng, bagi mereka yang senang dengan wisata kuliner pastinya tahu, otak-otak bandeng merupakan makanan khas Gresik yang wajib dicicipi selain nasi krawu dan pudak.
Salah satu otak-otak bandeng Gresik yang terkenal adalah buatan bu Muzanah yang berdiri sejak tahun 1969. Menurut Ani, anak bu Muzanah mengatakan bahwa, awalnya hanya terima pesanan yakni jika ada orang yang pesan baru dibuatkan. Kemudian membuat dan dititipkan ke pedagang yang ada di Siola Surabaya, setelah banyak peminatnya akhirnya menjual hanya otak-otak bandeng di rumah. Karena pembeli semakin banyak kemudian mendirikan toko dan yang dijual pun beraneka ragam tidak hanya otak-otak bandeng. Dalam sehari, otak-otak bandeng bu Muzanah diproduksi sebanyak 150 ekor.
Proses pembuatan otak-otak bandeng memakan waktu kurang lebih tiga jam. Bandeng yang dipilih pun ukurannya sama yaitu dengan berat rata-rata 4 ons dan bandengnya adalah jenis bandeng yang tidak bau tanah.
Otak-otak bandeng bisa bertahan sampai dua hari, ini dikarenakan otak-otak tersebut tidak memakai bahan pengawet. Namun jika dimasukkan ke dalam lemari es bisa bertahan sampai 5 hari sampai satu minggu.
Nah bagi anda yang ingin membeli otak-otak bandeng sebagai oleh-oleh, pilihlah otak-otak bandeng yang sudah dingin, sehingga akan lebih awet, jangan memilih yang masih hangat. Otak-otak bandeng dibanderol dengan harga Rp.37.500 / ekor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here