artisBulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam seluruh dunia karena bulan ini merupakan bulan suci dan mulia dimana seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, beragam acara digelar untuk mengisi bulan yang mulia tersebut. Pada umumnya terdapat dua hal yang banyak dijumpai ketika bulan Ramadhan, yaitu kebutuhan Takjil, Event Ramadhan dan kebutuhan fashion.
Kebutuhan Fashion
Busana muslim akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bagitu banyak bentuk atau model busana muslim mulai dari yang untuk anak-anak maupun untuk dewasa yang tak kalah indahnya dengan busana masa kini dan terus mengikuti perkembangan mode.
Banyak artis muslim yang memutuskan untuk memakai busana muslim dalam kesehariannya, mereka tetap terlihat cantik, anggun, Stylish dan trendy. Tak heran jika busana muslim sekarang ini semakin digandrungi masyarakat Indonesia selain juga karena kesadaran mereka untuk menjalankan perintah agamanya.
Menjelang bulan Ramadhan dan dalam menyambut hari Raya Idul Fitri, permintaan akan busana muslim dan perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung dan sajadah semakin meningkat. ”Permintaan akan busana muslim cukup banyak”, ujar Santi, Koordinator Marketing Dannis Moslem Fashion.
Berbagai desain busana muslim banyak berkembang, seperti koleksi yang dimiliki oleh Dannis. Untuk busana dewasa cenderung model abaya dan blus dengan desain eksklusive. Sedangkan untuk anak-anak adalah model-model yang bisa digunakan untuk berbagai kondisi. Artinya bisa dipakai untuk acara atau digunakan sehari-hari. Pilihan model dan desain untuk anak-anak banyak sekali seperti model setelan celana, setelan rok, setelan overall, dan lainnya. Sedangkan warna yang lagi in adalah warna-warna kombinasi gradasi warna ungu, pink, abu-merah.
Santi menambahkan, saat ini untuk anak-anak yang sedang booming adalah model overall dan model standart. Selain kebutuhan anak-anak yang banyak gerak atau aktivitas juga ada tuntutan sekolah-sekolah Islam yang mengharuskan memakai rok bukan celana.Untuk mendapatkan busana muslim tidaklah sulit, banyak butik, outlet, ataupun gerai-gerai yang menyediakan busana muslim. Salah satu tempat yang menyediakan beragam busana muslim adalah ITC Mega Grosir, disini terdapat bursa Busana Muslim, Madinah Center dan Muslim Fair.
Kebutuhan Takjil
dan Event Ramadhan
Takjil atau makanan pembuka bagi orang puasa disunnahkan/dianjurkan oleh agama dengan makanan yang manis. Buah kurma merupakan buah yang khas dijadikan sebagai takjil, tak ayal kurma banyak diburu masyarakat untuk dijadikan sebagai takjil. Selain kurma, tak jarang kita menjumpai di bulan Ramadhan orang-orang yang menjual aneka makanan, minuman dan jajanan untuk berbuka puasa salah satunya adalah di ITC Mega Grosir. Menurut Christine N Tanjungan, General Manager ITC Mega Grosir bahwa masyarakat bisa menikmati aneka kuliner sajian khas dari Timur Tengah, berbagai hidangan takjil dan jajanan pasar untuk berbuka puasa yang bertempat di Terrace ITC Mega Grosir.
Berbagai event juga digelar baik perorangan maupun corporate untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung dengan mengadakan event berbuka puasa bersama. Kondisi yang demikian tidak kita jumpai di bulan-bulan selain bulan Ramadhan. Christhine menambahkan bahwa di ITC terdapat acara buka puasa bersama anak yatim piatu setiap hari Senin. Selain itu, di ITC bisa dijadikan tempat untuk mengadakan buka bersama karena akan disediakan lokasi dan perlengkapan acara secara gratis.
Tips Memilih
Busana Muslim
Faktor utama dalam memilih busana muslim adalah kenyamanan. Bahan dan mode/desain adalah dua faktor yang membentuk kenyamanan sang pemakainya, jangan sampai memakai busana yang sudah tidak up to date. Berikut ini tips lainnya dalam memilih busana muslim.
Pilih busana muslim yang sesuai aturan Islam, yaitu yang menutupi aurat.
Sesuaikan bahan, warna dan model busana muslim yang dikenakan dengan aktivitas yang dijalani.
Jangan lupa memcocokkan warna dan model dengan koleksi busana muslim yang sudah ada. Agar bisa dipadupadankan (mixed and matched) dan dikreasikan dengan koleksi busana muslim yang sudah dimiliki.
Pilih jilbab, kerudung atau penutup kepala yang sempurna menutupi kepala, leher. Lengkapi dengan berbagai warna, motif, model agar bisa divariasikan dan dipadupadankan.

foto
Pilih busana sesuai dengan tubuh. Misalnya, untuk tubuh kurus, pilih busana muslim dengan model tumpuk, dan warna yang lebih cerah. Untuk yang bertubuh gemuk, sebaiknya memilih busana muslim yang berwarna agak gelap agar tubuh tidak terlalu terlihat gemuk.
Selain busana, hal lainnya yang juga perlu diperhatikan dalam berpenampilan adalah riasan wajah atau make up wajah. Riasan wajah hendaknya disesuaikan dengan jenis busana, warna dan juga nuansanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here