arumiMenikah merupakan moment yang paling berharga dan bersejarah bagi setiap orang. Sehingga untuk mewujudkan moment tersebut diperlukan persiapan yang matang dan maksimal.

Menurut Jefri, Ketua Asosiasi Pengusaha Perlengkapan Pernikahan (AP3) mengatakan ada tiga persiapan utama yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari minimal tiga bulan sebelum hari pernikahan, yaitu hari dan tanggal pernikahan, wedding venue dan gaun pengantin. Beberapa perencanaan dan persiapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
Hari atau Tanggal Pernikahan
Menentukan hari dan tanggal pernikahan merupakan persiapan pertama, karena dari sinilah semua persiapan akan dimulai. Hampir mayoritas masyarakat kita mengenal dan mempercayai hari baik.  Jefri menambahkan bahwa terdapat tiga bulan biasanya jarang orang yang melangsungkan pernikahan. Ketiga bulan tersebut adalah bulan Syuro, bulan Puasa dan bulan atau Hari Raya Ceng Beng.
Tempat Pernikahan (Wedding Venue)
Setelah mendapatkan hari dan tanggal pernikahan, yang harus dilakukan adalah menentukan Wedding venue. Wedding Venue sendiri terdiri dari dua konsep yakni konsep indoor atau outdoor. Kedua konsep tersebut memiliki penggemar masing-masing, meskipun saat ini tidak sedikit yang memilih konsep outdoor wedding. Outdoor wedding akan terlihat lebih seru dan menarik. Salah satu kelebihan dari outdoor wedding adalah suasana dan pemandangan alam yang natural. Ditambah lampu-lampu hias, lampion, lilin-lilin cantik, hamparan dan rangkaian bunga-bunga segar di atas rumput atau disamping kolam renang dan  umumnya dipenghujung resepsi terdapat pesta kembang api sehingga kesan yang ada adalah natural, romantis, glamour, eksotis dan benar-benar berbeda.
Gaun Pengantin
Khusus untuk gaun pengantin, sebisa mungkin setelah mendapatkan tanggal pernikahan dan wedding venue, calon pengantin langsung mencari gaun yang akan dikenakan saat pesta pernikahan. Paling tidak minimal tiga bulan sebelum hari H. Kebanyakan gaun pengantin selama ini berwarna putih, namun akhir-akhir ini para desainer mulai memberanikan diri mencoba menggunakan warna-warna lain seperti warna merah. Warna putih merupakan tradisi pada abad ke 16, saat Ratu Victoria memilih menikah dengan memakai gaun bewarna putih dari perak yang merupakan warna kebangsaan. Sebelumnya para mempelai wanita cukup mengenakan pakaian terbaik mereka sebagai gaun pengantin dan warna hanyalah masalah pilihan semata.
Perawatan Pra Nikah
Beberapa perawatan yang biasa dilakukan oleh calon pengantin antara lain, Pertama, perawatan wajah. Perawatan ini dilakukan lebih ke pencerahan /whitening, menghilangkan komedo dan mengangkat sel kulit mati. Kedua, body treathment. Perawatan ini berfungsi mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan kulit.
Ketiga, hand and foot treathment (perawatan tangan dan kaki). Perawatan ini mengatasi problem tangan berkeringat, tangan kering, kuku tangan kuning, kaki kering, tumit pecah-pecah, kapalan, kuku masuk ke dalam, kaki berkeringat, dan bau. Mengatasi problem tangan kering dan kusam, bahkan untuk kulit tangan yang keriput. Hand & Foot Treathment berfungsi pula untuk merapikan, melembabkan, mengangkat kutikula, serta mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tangan terasa lebih halus dan terawat. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah menjaga makanan, menjaga kebersihan, dan menjaga stamina tubuh.

accessories
Foto Prewedding
Memiliki foto-foto sebelum pernikahan menjadi dambaan setiap calon mempelai. Selain sebagai kenang-kenangan, foto prewedding umumnya dijadikan sebagai pernak-pernik dekorasi pada saat resepsi pernikahan ataupun dimasukkan ke dalam undangan pernikahan.
Pemotretan prewedding yang paling banyak dilakukan adalah outdoor. Bagi mereka yang ingin melakukan prewedding outdoor, hendaknya jauh-jauh hari menetapkan lokasi pemotretan yang disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pantai, gunung, danau, gedung-gedung bertingkat, bangunan tua, pemandangan hotel/villa merupakan lokasi yang sering dipakai untuk pemotretan prewedding.
Kartu Undangan
Secara khusus estetika pada kartu undangan perkawinan yang ada memiliki beraneka ragam tampilan dan visualisasinya. Dalam hal tampilan terdapat beberapa jenis seperti lembaran tunggal, lembaran ganda, kalender duduk, tempat foto, kipas, lipatan, buku dan yang lainnya. Sedangkan aspek visual berupa foto pengantin, wayang, ornamen, dan lainnya. Selain itu, pita dan rendra-rendra tak lupa mulai banyak dijumpai nempel pada kartu undangan.
Souvenir
Kehadiran souvenir dalam sebuah pernikahan dewasa ini kiranya sulit untuk dilepaskan. Selain menjadi kenang-kenangan dari pasangan pengantin, souvenir juga menambah semaraknya pesta pernikahan. Beragam souvenir pernikahan membuat seorang pengantin bingung menentukannya, tapi secara umum hal yang perlu diperhatikan dalam memilih souvenir antara lain, sesuaikan souvenir dengan tema pernikahan, tentukan ukurannya, pilih barang-barang yang memiliki makna atau filosofi tersendiri, dan pilih yang unik dan menarik.
Salah satu alternatif untuk memudahkan calon pengantin berburu perlengkapan pengantin adalah dengan mendatangi pameran wedding. Karena dipameran tersebut mereka bisa konsultasi di stand-stand yang menjual produk atau jasanya. Semua tersedia sehingga tak perlu repot keliling dari satu tempat ke tempat lain.
Selain persiapan di atas, hal yang paling penting adalah persiapan mental bagi kedua celon mempelai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here