Igor Tabrizian, pakar Nutrisi dan Autisme dari Australia dalam situs kompas.com menerangkan, analisis rambut memberikan informasi pola permanen dari kantong rambut. Dalam analisis rambut, ahli menghitung nutrisi dan kadar racun terkandung dalam rambut. Rambut menjadi medium yang ideal untuk dianalisis lantaran ditentukan oleh masuknya substansi dari luar melalui darah.rambut

Analisis rambut sebetulnya telah dikenal sejak tahun 1800-an, terutama untuk melihat keberadaan racun arsenikum. Dalam perkembangannya, analisis rambut lebih banyak dikenal oleh dunia forensik, riset ilmiah, dan pengetesan obat.Analisis rambut memiliki kelebihan ketika mendeteksi keberadaan logam berat. Tes darah dan tes urine misalnya, kurang dapat memberikan indikasi dari jalur pengeluaran lain logam serta pengurangan tumpukan logam dari tubuh. Kedua tes itu tidak dapat menggambarkan kondisi dalam jangka panjang mengenai banyaknya metal racun di dalam tubuh.
Dalam rambut, kuku, dan gigi lah mineral-mineral dalam bentuk kecil disimpan. Rambut manusia merupakan rekaman sejarah yang bisa merefleksikan perubahan metabolisme. Selama struktur rambut tidak berubah, mineral tertanam dalam rambut dan kadarnya tidak berubah walaupun rambut memanjang. Analisis akurat memberikan konsentrasi mineral yang terakumulasi dalam rambut pada waktu pertumbuhan, sekitar satu sampai tiga bulan.
Analisis rambut mampu mengidentifikasikan kekurangan nutrisi jangka panjang yang merupakan akar dari penyakit yang ada serta menemukan logam beracun yang dapat menimbulkan penyakit.
Analisis rambut memberikan informasi tentang nomor, tipe, dan jumlah logam berat beracun. Analisis rambut dapat mendeteksi komposisi puluhan macam mineral, seperti sulfur, antimonium, uranium, arsenik, berilium, merkuri, kadmium, timbel, aluminium, germanium, barium, bismut, rubidium, litium, nikel, platinum, dan talium. Selain itu juga dapat mendeteksi iodin, vanadium, strontium, tin, titanium, tungsten, zirkonium, kalsium, magnesium, natrium, kalium, tembaga, seng, fosfor, zat besi, mangan, kromium, selenium, boron, kobalt, dan molibdenum.
Pemerintah Amerika Serikat dan penegak hukum di sana telah menggunakan analisis rambut selama beberapa dekade untuk mendapatkan bukti kondusif dalam penyidikan kejahatan dan tes kecanduan obat dari para narapidana. Pada kasus Presiden Amerika Serikat Andrew Jackson, analisis rambut digunakan untuk menyelidiki kemungkinan presiden itu dibunuh dengan racun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here