Pempek, ketika mendengar kata ini pasti ingatan kita tertuju pada makanan khas asal Palembang yang terbuat dari daging ikan tengiri. Mungkin bagi sebagian orang terutama mereka yang berasal dari Palembang, mendapatkan rasa pempek yang sama seperti yang ada di sana kiranya agak sulit. Salah satu pilihan tempat mencicipi pempek adalah di Kedai Pempek yang ada di Jl. Kombespol M. Duriyat Sidoarjo.
PempekDisini anda bisa mencicipi aneka macam pilihan pempek, seperti pempek kapal selam (olahan ikan yang disi dengan telur ayam), pempek lenjer, pempek bakso, pempek kulit, pempek panggang dan pempek lenggang yang terbuat dari daging ikan tengiri.
Menurut Yanti, pemilik Kedai Pempek, bahwa untuk membedakan rasa pempek biasa dengan pempek yang ada di Palembang cukup mudah, yaitu dengan melihat sausnya. Karena jika bahan baku pembuatan saus berasal dari sini (Jawa/red) rasanya beda dengan jika bahan bakunya berasal dari asal pempek itu sendiri, yakni Palembang. Sehingga kami pun mendatangkan bahan bakunya langsung dari Palembang.
Untuk harga pempek Palembang ini cukup terjangkau, seperti pempek kapal selam dibanderol cuma 12.000/porsi.
Selain bisa dinikmati ditempat, anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh karena bisa tahan sampai 2 hari. Sedangkan untuk sausnya bisa tahan sampai 1 minggu. Selain itu, juga menerima pesanan kue khas palembang seperti bolu kojo, engkak, maksuba, dan lapislegit Palembang.
“Pelanggan banyak yang berasal dari Malang dan Surabaya, mereka sengaja datang ke sini karena menurut mereka rasanya yang khas”, imbuh Yanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here