deny

tulisan-1Tulisan tangan john memiliki konsistensi dalam garis dasar penulisannya yaitu menurun. Baik saat diminta menuliskan hubungannya dengan orang tuanya ataupun dengan teman-temannya.
Garis dasar tulisan yang semakin menurun menunjukkan tingkat motivasi atau semangat ketika menorehkan tulisan tersebut.  Hal ini dikarenakan kondisi disekitarnya menekan dirinya yang membuatnya merasa takut dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup panjang akan membuat dirinya menjadi depresi dan tidak memiliki motivasi hidup. Atau bisa juga sebaliknya, ia merasa apapun yang ia lakukan serasa tidak berguna atau selalu menemui jalan buntu. Dan kondisi ini jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan garis dasarnya semakin turun dan turun patah. Sebagai catatan, garis dasar tulisan yang turunnya patah sering ditemui oleh anak-anak yang merasa depresi dalam kehidupanya dan selalu mengatakan mau mati saja, atau mencoba untuk bunuh diri.
Saran untuk John : Temui terapis yang mampu membantu secara bawah sadar, Temukan penyebab asal mula munculnya keadaan ini, Berikan pujian untuk setiap keberhasilan kecil, Dan tunjukkna bahwa John mampu untuk melakukannya,

tulisan-2Ketika diminta untuk mengarang cerita dan menggambar tentang keluarganya (ayah, ibu dan adiknya). Dari gambar tersebut menunjukkan bahwa anak Nila memiliki hubungan yang sangat harmonis dengan keluarganya bahkan penuh dengan keceriaan.
Namun, saat dia diminta untuk mengarang tentang dirinya dan sekolahnya, tiba-tiba tulisannya berubah, garis dasarnya menjadi naik turun, huruf-hurufnya menjadi lebih tajam dan camping, bahkan tulisannya penuh tekanan dibandingkan dengan karangan tentang keluarganya. Setelah diteliti lebih jelas, tulisannya menjadi sangat tidak stabil saat dirinya menceritakan tentang gurunya dan menjadi lebih baik saat menceritakan tentang pelajaran yang dia sukai. Hal ini menunjukkan adanya motivasi yang naik turun pada saat sekolah dan perasaan tidak nyaman terhadap gurunya.
Solusi :Cari tahu penyebab utama dirinya tidak suka dengan gurunya dan terapi dengan pendekatan bawah sadar. Hal ini juga perlu didukung dengan kerjasama dari gurunya untuk mengubah pendekatan cara mengajarnya, karena, meskipun diterapi, tetapi jika sang anak tetap berada pada kondisi lingkungan tersebut, hanya akan membuat anak tersebut kembali pada kondisi semula. Apabila guru tersebut tidak mau berubah dan pihak sekolah tidak dapat banyak membantu, maka yang terbaik adalah Nila dipindahkan ke sekolah lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here