Idul Fitri atau yang dikenal dengan Lebaran tinggal menghitung hari. Sebuah tradisi yang cukup terkenal dan mungkin hanya bisa dijumpai di Indonesia adalah mudik ke kampung halaman. Bagi anda yang mudik membawa mobil sendiri, alangkah baiknya anda mempersiapkan mobil sejak dini melakukan servis mobil. Mengutip dari Kompas.com, Beberapa hal yang harus diperiksa dari kendaraan anda adalah
Ganti : oli mesin dan filter, oli transmisi, oli gardan (kalau berpenggerak roda belakang), busi, saringan udara, tali kipas (van belt) kalau kondisi sudah kurang bagus (ada tanda retak-retak).
Periksa : Aki, kondisi air. Bila usia pakai sudah lebih dua tahun sebaiknya ganti baru. Kemudian minyak rem dan kondisi rem.Juga air radiator, sebaiknya dikuras dan sekalian cermati ada kebocoran atau tidak. Jika ada, segera diperbaiki atau ganti baru.
Spooring dan balancing : Sangat erat kaitannya dengan keselamatan dalam berkendara. Menghemat keausan kembang ban dan konsumsi bensin.
Pastikan seluruh lampu-lampu berfungsi. Kalau ada melewati daerah berkabut, disarankan pakai lampu kabut. Pastikan saklar-saklar berfungsi dengan baik.
AC : jika ruang kabin sudah tidak terasa dingin, segera bawa ke bengkel khusus. Bisa hanya tambah freon atau cek jalur-jalur dari kebocoran.
Karet wiper : kalau sudah keras atau retak-retak sebaiknya diganti. Kemudian, pastikan semprotan air bekerja sempurna, baik yang depan maupun belakang (kalau ada).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here